-->

Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Tubuh



Selain rasa buahnya yang lezat, ternyata buah manggis mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Buah manggis memiliki daging buah yang manis dan lembut dengan kulit buah yang tebal. Sewaktu memakan buahnya, biasanya kulit manggis ini terbuang percuma. Namun pernahkah kita mengamati apa yang terjadi dengan kulit tersebut? Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, ternyata kulit manggis tidak mengalami pembusukan seperti pada kulit buah-buah yang lain. Lama-kelamaan kulit ini akan mengering dan mengeras seperti kayu. Inilah yang menjadi keistimewaan kulit buah manggis. Walaupun daging buahnya juga kaya akan nilai gizi, ternyata kulit buah manggis memiliki khasiat yang jauh lebih banyak.

Kulit manggis dikenal sebagai antioksidan super yang dapat mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.Mengapa demikian?Tentulah karena kandungan xanthone yang terdapat dalam ekstrak kulit manggis itu sendiri.Xanthone adalah salah satu jenis antioksidan yang memiliki nilai ORAC (oxygen radical absorbance capacity)  tertinggi, jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain yaitu 17.000-20.000. ORAC adalah satuan yang digunakan sebagai indikator untuk menghitung kemampuan antioksidan dalam menetralkan gugus radikal bebas. Seperti yang dimuat dalam Journal of Natural Products, xanthone sendiri memiliki 200 jenis turunan dan 40 di antaranya ditemukan dalam kulit buah (pericarp) manggis dan sedikit di kulit biji (hull). Selain untuk anti oksidan manfaat lain kulit manggis adalah :
- Memperkuat sistem kekebalan.
- Menyembuhkan peradangan.
- Memperbaiki komunikasi antarsel.
- Menggagalkan kerusakan DNA.
- Alat bantu sistem getah bening.
- Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
- Mengurangi resistansi insulin.
- Membantu penurunan berat badan.

Dan untuk orang yang pergelangan tangan serta jari sering sakit akibat tekanan yang sering terjadi di pergelangan, biasanya penyakit ini di akibatkan terlalu sering memakai keyboard dan mouse. Kulit manggis bisa mengurangi sakit tersebut.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Tubuh"