-->

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel(wireless). 2 unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data atau informasi.

di dalam jaringan komputer di kenal 2 sistem koneksi :
1. Peer to Peer
Peer to Peer network merupakan jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer. biasanya di gunakan khusus, seperti lab komputer, riset dan lain lain. Peer to Peer adalah suatu model dimana tiap PC bisa memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk PC lain. Dengan kata lain dapat berfungsi sebagai client atau server dalam waktu yang sama. dalam sistem windows metode ini di kenal sebagai "Workgroup", dimana tiap tiap komputer dalam jaringan di kelompokkan dalam 1 kelompok kerja.

2. Client - Server
keadaan dimana suatu unit komputer ada berfungsi sebagai server dan ada yang sebagai client. komputer server berfungsi sebagai pemberi layanan kepada komputer client. sedangkan komputer client berfungsi sebagai yang meminta layanan kepada komputer server. Akses di lakukan secara transparan dari client dengan melakukan login terlebih dahulu ke server yang dituju. Client hanya bisa menggunakan resource yang di sediakan oleh server sesuai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator.
Jenis layanan Client-Server antara lain :
1. File server           : memberikan layanan fungsi pengelolaan file

2. Print server         : memberikan layanan fungsi pencetakan

3. Database server : proses proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain bisa minta pelayanan

4. DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer "